Thursday, April 16, 2020

Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online


Cara Gampang Bayar Zakat penghasilan secara Online - Sebagai Muslim yang memiliki pekerjaan tetap, itu adalah kewajiban untuk memberikan sedekah pendapatan ketika mencapai batas Nisab. Namun, terkadang kesibukan sering menghambat niat baik ini.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kini Anda dapat Bayar Zakat Online. Hanya dengan modal internet, Anda bahkan dapat memenuhi kewajiban ini melalui aplikasi di smartphone pribadi.

Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan secara Online

Manfaat Membayar Zakat Online
Rupanya ada banyak manfaat yang Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk membayar pendapatan zakat online. Beberapa dari mereka adalah :

Tidak Perlu Bepergian
Jika Anda sibuk dan tidak ingin repot datang ke masjid atau kantor dealer zakat, maka membayar zakat online adalah pilihan yang tepat. Hanya dengan modal koneksi internet, Anda dapat membayar zakat kapan saja dan dari mana saja.

Privasi lebih dijaga
Saat membayar zakat online, privasi Anda akan lebih terjaga. Hanya Anda sendiri yang tahu berapa jumlah nominal zakat yang akan dibayarkan. Alternatif pembayaran ini cocok untuk Anda yang memiliki sifat tertutup dan tidak nyaman dengan orang baru.

Saat membayar online, seluruh sistem diimplementasikan secara otomatis dan dilengkapi dengan keamanan. Jadi tidak perlu takut bahwa data Anda akan bocor ke seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Lebih Tepercaya
Untuk mengantisipasi kemungkinan distribusi zakat kepada orang yang tidak benar, gunakan pembayaran online. Secara umum, situs yang menyediakan layanan pembayaran zakat online telah diverifikasi. Sebelum mendistribusikan zakat, perhatikan juga kredibilitas lembaga zakat yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Bayar Zakat Online?

Hitung jumlah zakat pada pendapatan
Pendapatan zakat adalah zakat yang bersumber dari pendapatan penyedia zakat, yaitu upah, gaji, gaji dan pendapatan lainnya yang diperoleh melalui cara yang sah. Semua orang yang telah bekerja dapat memberikan zakat, asalkan mematuhi peraturan yang berlaku.

Untuk menghitung total zakat yang harus diberikan, penghasilan dasar yang Anda terima harus dikurangi terlebih dahulu oleh kebutuhan dasar pribadi Anda, mulai dari pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Jika Anda sudah memiliki keluarga sendiri, jangan lupa untuk memasukkan komponen biaya setiap individu yang saat ini dalam perawatan Anda, termasuk biaya pendidikan dan kesehatan.

Jika Anda sudah mengetahui nominal laba bersih, maka ambil 2,5% dari total dana. Jumlah itu disebut sebagai sedekah penghasilan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi kalkulator zakat untuk menghitung jumlah zakat secara akurat.

Membayar Zakat Melalui blibli
blibli.com adalah situs crowdfunding yang tidak hanya digunakan sebagai media penggalangan dana untuk membayar proyek-proyek tertentu, tetapi juga menyediakan fitur untuk membayar zakat.
blibli telah bekerja sama dengan berbagai lembaga distribusi zakat tepercaya, seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ke Rumah Yatim. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir bahwa dana zakat akan disalahgunakan.

Proses pembayaran di blibli menggunakan sistem kode unik seperti yang dapat Anda temukan di beberapa pasar terkenal di Indonesia. Cara kerjanya, sistem ini segera mengkonfirmasi transaksi pembayaran setelah Anda mentransfer dana. Mendistribusikan zakat melalui blibli juga memungkinkan Anda memilih penerima dana yang menurut Anda cocok untuk menerimanya.
Selain membayar kewajiban dalam bentuk sedekah penghasilan, Anda juga dapat memberikan sumbangan untuk membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya, berkontribusi pada pembangunan rumah sakit terapung gratis.

Tidak hanya menjadi donor, Anda juga dapat bertindak sebagai penggalangan dana untuk membantu orang yang membutuhkan saat Bayar Zakat Online. Misalnya, mengumpulkan dana untuk proses perawatan atau membangun rumah yang layak huni untuk kenalan Anda.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogger templates